Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Monday, June 29, 2009

Memulai Usaha Warnet

Pendirian warnet haruslah melalui tahap perencanaan terlebih dahulu. didalam warnet juga berlaku hukum bisnis, dari mulai perencanaan, pendanaan modal, hingga marketing dan penjualan.
Cariang corner baru berdiri sekitar 2 bulan, juga melalui berbagai tahapan unik, dari mulai hal yang manis maupun hal pahit. berikut akan dibeberkan langkah dalam pendirian cariang corner warnet :

Proposal Usaha
sebuah usaha akan lebih bernyawa apabila didalamnya terlibat elemen yang membuat kita terpaksa harus bekerja keras, salah satunya adalah investor. investor ini akan menjadi reaktor energi buat kita dimana kita sebagai pengusaha harus mampu menunjukkan kemampuan, tanggung jawab, serta kejelian kita dalam membangun dan menjalankan sebuah usaha. oleh karena itu hampir semua pengusaha yang sudah sukses selalu menyarankan supaya kita mesti berbisnis dengan uang orang lain atau banyak orang mengistilahkan berbisnis dengan modal Rp 0,-.
Sarana untuk mendapatkan modal dari investor adalah melalui Proposal Usaha. didalam proposal tersebut dicantumkan prediksi kemajuan usaha warnet kedepan, langkah langkah yang akan ditempuh dalam menggapai target-target menuju sukses, bahkan sampai ke prakiraan margin atau keuntungan yang akan diperoleh oleh investor.

Survey Referensi Harga
Setelah modal terkumpul cukup, maka langkah selanjutnya adalah melakukan survey harga perlengkapan yang akan digunakan dalam membangun sebuah warnet diantaranya adalah :
  1. server :1 buah PC (minimal pentium 4 3GHz, RAM 1 GB, VGA 256,LAN)
  2. Client : 8 buah PC (minimal pentium 4 2,6GHz, RAM 256 MB, VGA 64,LAN)
  3. Modem (biasanya dari layanan ISP sudah memberikan fasilitas modem)
  4. Perlengkapan LAN dapat dibaca disini
  5. Billing Warnet
  6. AC (tergantung situasi dan kondisi)
  7. Kulkas (dapat bekerja sama dengan perusahaan penyedia minuman botol)
  8. Listrik (peningkatan daya listrik jika diperlukan)
  9. Perlengkapan Embalase seperti neon box, spanduk, ex banner
  10. printer, scanner
  11. meubeul seperti meja operator dan kursi, meja client dan kursi
Untuk PC, anda boleh menggunakan PC baru ataupun bekas pakai. di Cariang corner, saat ini digunakan PC bekas pakai yang built up dan sudah memiliki OS windows (tipe IBM).
Atau dapat juga menggunakan sistem thinclient komputer dimana satu PC dijadikan sentral dibagi-bagi menjadi beberapa user. jadi Linsensi windows yang diperlukan juga cukup 1 lisensi saja. pada sistem ini, diperlukan spesifikasi komputer yang cukup tinggi.

ISP ada banyak pilihannya, di Cariang corner sendiri saat ini menggunakan Speedy. di Speedy sendiri saat ini sudah ada paket yang sesuai dengan kebutuhan warnet (bisnis) diantaranya adalah paket eksekutif. untuk lebih lengkapnya silahkan klik disini

LAN disarankan sebaiknya dipasang sendiri tanpa mengandalkan jasa ahli, disamping penghematan biaya juga sebagai tambahan ilmu bagi kita mengenai instalasi jaringan. selain itu, ilu tersebut juga dapat bermanfaat apabila sewaktu waktu warnet terjadi hang.

Survey Kompetitor
Disarankan untuk melakukan survey kompetitor yang ada disekitar warnet kita kira-kira antara radius 5 km. Adapun beberapa hal yang disurvey diantaranya adalah kecepatan akses, tarif biasa, tarif promo, juga kondisi warnet.

Inovasi dalam Menjalankan Usaha
Setelah warnet berjalan, maka jiwa enterpreneur lah yang kini dikedepankan. Hampir disetiap usaha langkah awal yang harus dilalui adalah jalanan terjal, begitu pula dengan warnet. Jangan berharap ketika kita mendirikan warnet, maka esoknya kita akan mengantongi keuntungan sesuai dengan harapan. Semuanya membutuhkan proses dari mulai marketing, promo produk, menambah fasilitas komoditi jual, dan masih banyak lagi.
hal yang paling sering dilakukan oleh para pengusaha warnet dalam menjaring user adalah dengan membangun komunitas (member).

Perhitungan Keuangan
semua pemasukkan dan pengeluaran keuangan harus tercatat dengan jelas sehingga dapat diketahui sampai sejauh mana perkembangan warnet kita dari waktu ke waktu.

No comments:

Post a Comment