Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Wednesday, June 24, 2009

Membangun Jaringan LAN (Local Area Network) sendiri

Pada topik ini, hanya akan dibeberkan secara singkat saja mengenai kiat membangun LAN secara sederhana. tidak terlalu mendetail namun cukup memberikan gambaran besar langkah langkah dalam membangun jaringan secara mandiri dan saya yakin tanpa mengikuti kursus andapun bisa melakukannya

LAN atau Local Area Network merupakan kumpulan sejumlah komputer minimal 2 komputer yang saling dihubungkan bersama didalam suatu area tertentu yang memungkinkan user di satu komputer dapat mengakses komputer lainnya.

Ada dua tipe jaringan yang diterapkan dalam pemasangan LAN, yaitu jaringan Peer to Peer dan jaringan Client-service. Jaringan Peer to Peer ini biasanya digunakan untuk menghubungkan dua buah komputer dalam satu ruangan, dimana masing-masing komputer yang terhubung ke jaringan dapat bertindak baik sebagai work station maupun sebagai server. sedangkan pada jaringan Client-service biasanya digunakan apabila komputer yang akan dihubungkan lebih dari dua, dimana hanya satu komputer yang dapat bertindak sebagai server dan komputer lain bertindak sebagai workstation.

adapun beberapa perangkat yang diperlukan dalam membangun LAN
1. beberapa buah PC (personal computer) atau cukup dua buah komputer untuk membangun jaringan tipe Peer to Peer
2. sebuah Switch atau biasa disebut HAP atau HUB. harga dipasaran sangat bervariasi dari mulai 350rb sampai 1 jt-an, bergantung pada merk dan banyaknya port
3. kabel UTP (Unshielded Twisted Pair), dapat dibeli d toko komputer. harganya juga bervariasi tergantung kepintaran anda dalam menawar, biasanya sekitar 2000 - 4000/meter
4. sebuah port konektor RJ 45. akan lebih murah apabila beli langsung satu box..sekitar 50rb, satuan biasanya 1000-an
5. sebuah tang khusus untuk memasang konektor RJ 45 ke kabel UTP, biasanya disebut crimp tang atau crimping tang. harga nya tergantung merk dari mulai 45rb-80rb.
6. LAN detector, alat ini berfungsi untuk mengetes apakah kabel yang kita pasang sudah benar atau belum..dapat dilihat melalui indikator warna. harga nya juga beragam, sekitar 45rb-65rb-an. harus beli juga baterainya banyak tersedia di warung atau minimarket.

setelah semuanya lengkap kini tinggal melakukan pemasangan kabel UTP terlebih dahulu. ada dua macam tipe pemasangan kabel, yaitu :

1. tipe straight, tipe ini cocok digunakan untuk jaringan tipe
Client-service. tipe ini relatif lebih mudah, karena langsung korespondensinya 1-1. ada terdapat 8 warna pada kabel UTP dan adapun urutan warna pemasangannya adalah sebagai berikut : orange putih - orange -hijau putih - biru - biru putih - hijau - coklat putih - coklat. pada ujung kabel UTP masing masing dilakukan pemasangan dengan urutan warna kabel yang sama. cara melakukan pemasangan dibantu dengan menggunakan crim tang. Setelah dilakukan pemasangan, coba dicek dengan menggunakan LAN detector. apabila urutan sudah benar, maka lampu led di LAN detector akan menyala secara berurutan. jika ada yang tidak menyala berarti pemasangan gagal dan mesti diulang. jika menyala semua berarti pemasangan telah berhasil

2. tipe cross, tipe
tipe ini cocok digunakan untuk jaringan tipe Peer to Peer. Oleh karena itu, jaringan ini biasanya digunakan untuk menyambungkan langsung antara dua PC. pada tipe ini pemasangan kabel UTP pada masing masing ujung memiliki susunan warna yang berbeda. untuk ujung pertama susunan warnanya adalah :
orange putih - orange -hijau putih - biru - biru putih - hijau - coklat putih - coklat.
untuk ujung lainnya susunan warnanya adalah :
hijau putih - hijau - orange putih - biru putih - biru - orange - coklat putih - coklat

kemudian dicek menggunakan LAN detector. hasilnya, pada lampu led akan menyala secara acak, namun tetap indikator bahwa pemasangan berhasil apabila lampu led telah menyala seluruhnya.

setelah pengecekkan semua berhasil dilakukan, maka anda telah melewati tahap pemasangan port konektor RJ 45 pada kabel UTP. Selanjutnya ada pasangkan kabel tersebut pada port komputer anda (biasanya pada setiap komputer baru sudah tersedia port khusus untuk LAN, jika belum maka anda harus membeli perangkat LAN card di toko komputer biasanya yang banyak digunakan adalah ethernet adapter).
untuk tipe straight karena melibatkan lebih dari dua komputer, maka digunakan Switch untuk menghubungkan server dengan beberapa client (workstation). dimana PC server dan client dihubungkan dengan Switch melalui kabel UTP masing-masing.

sedangkan untuk tipe cross langsung dihubungkan antar komputer.

setelah itu, kemudian atur TCP/IP masing-masing PC
klik start --> control panel --> network connection --> klik kanan pada icon LAN pilih (klik kiri) pada item properties
pada local area connection properties dimenu pilihan klik 2 kali pada icon internet protocol (TCP/IP) sehingga keluar Internet protocol properties. lalu isikan
IP address : 192. 168. 1. 2
sub mask : 255. 255. 255. 0

berikutnya pada komputer lainnya anda ketikan
IP address : 192. 168. 1. 3 (nomor terakhir berurutan dari komputer 1 ke komputer lainnya, jangan sama)
sub mask : 255. 255. 255. 0


klik ok

nah kini jaringan LAN anda telah selesai dan siap untuk digunakan

oh iya, jika anda menggunakan modem speedy biasanya dari petugasnya akan dibantu untuk mengeset IP Address komputer anda..

Selamat mencoba

No comments:

Post a Comment